8 Universitas Terbaik Untuk Kamu yang Bermimpi Kuliah di Australia

Melanjutkan pendidikan di luar negeri adalah impian bagi banyak orang. Sebagai negara tetangga, Australia telah sejak lama menjadi alternatif negara lanjut studi bagi orang Indonesia. Selain dekat secara geografis dengan penerbangan langsung dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng atau Ngurah Rai di Denpasar, banyak yang memilih berkuliah ke Australia dengan alasan kualitas pendidikan yang mumpuni. Selain alasan fasilitas pendidikan yang lengkap, banyaknya warga Indonesia yang tinggal disana juga menjadikan Australia seperti kampung halaman sendiri. So, siap melanjutkan studi di Negeri Kangguru? Berikut 8 universitas terbaik di Australia yang dapat kamu jadikan referensi.

Australian National University (ANU), Canberra

Berada di peringkat 20 dunia berdasarkan QS University Ranking, ANU untuk kesekian kalinya menduduki tempat pertama untuk kampus terbaik di Australia. Lokasinya yang berada di ibukota Australia, Canberra, yang juga dikenal cukup sunyi dan gak seramai kota-kota Metropolitan lain di Australia seperti Sydney atau Melbourne, dijamin akan membuatmu fokus belajar deh. Buat kamu yang berencana melanjutkan kuliah di bidang Politik atau Kebijakan Publik, ANU bisa jadi kampus tujuan kamu. Salah satu alumninya yang berasal dari Indonesia adalah mantan Menteri luar Negeri RI, Marty Natalegawa. 

University of Melbourne, Melbourne

University of Melbourne, atau disingkat UniMelb, adalah universitas tertua di wilayah Victoria yang dibangun pada tahun 1853. Berbeda dengan QS University Ranking, Times Higher Education menempatkan UniMelb di peringkat pertama daftar universitas di Australia. Berkuliah di universitas ini juga otomatis membuat kamu akan merasakan hidup di kota yang dijuluki 'The Most Livable City' dengan keindahan kota yang tak perlu ditanyakan lagi. Jika ingin berkuliah di jurusan Pendidikan atau Kedokteran, maka UniMelb bisa menjadi prioritas kampus kamu. Jumlah mahasiswa UniMelb saat ini adalah lebih dari 45.000 orang.

University of New South Wales (UNSW), Sydney

Nah, ini merupakan kampus penulis saat berkuliah dulu. Kampus utama UNSW terletak di Kensington, sekitar 15 menit dari pusat kota Sydney. Kampus Paddington khusus bagi mereka yang berkuliah di jurusan Seni dan Desain. Awal tahun 2017, universitas ini berhasil menggeser University of Sydney sebagai universitas terbaik di Sydney berdasarkan QS University Ranking. Menduduki posisi ke 45 dunia, UNSW adalah salah satu alternatif terbaik buat kamu yang berencana melanjutkan kuliah di jurusan Teknik (Mineral dan Pertambangan) serta Ekonomi dan Bisnis. Buat kamu yang suka jalan, kamu gak perlu khawatir. Selain dekat banget dengan pusat kota dimana kamu bisa mengunjungi Opera House dan Harbor Bridge yang terkenal itu, ada 4 pantai yang sangat dekat dengan lokasi kampusnya yakni Bondi, Coogee, Bronte, dan Manly Beach. So, kalo lagi penat dengan kuliah, ada banyak referensi tempat buat kamu menenangkan diri.

University of Queensland, Brisbane

Terletak di Kota Brisbane, University of Queensland sangat cocok untuk kamu yang ingin berkuliah di bidang Teknik dan Studi Lingkungan. Berada di peringkat ke 4 di Australia dan 47 dunia berdasarkan QS University Ranking 2017, UQ kembali menduduki peringkat yang lebih tinggi dibanding beberapa tahun lalu. UQ memiliki empat kampus yakni St. Lucia, Gatton, Herston, dan Ipswich. Kota Brisbane sendiri berjarak sekitar 78 kilometer dari Gold Coast yang dikenal dengan wisata pantainya, sangat direkomendasikan untuk kamu jika liburan panjang musim panas tiba di akhir bulan November.

University of Sydney, Sydney

Yep, University of Sydney atau disingkat Usyd adalah kampus tertua di Australia dengan usia 167 tahun. Kesan 'Harry Potter' sangat kental ketika memasuki kampus ini dikarenakan gedung kampus yang bak kastil seperti pada film tersebut. Kampus yang letaknya tak jauh dari pusat kota ini memiliki 11 perpustakaan besar yang tersebar di berbagai fakultasnya. Berdasarkan publikasi perpustakaannya, perpustakaan kampus ini adalah yang terbesar di belahan dunia bagian selatan dengan koleksi yang sangat jarang dimiliki oleh perpustakaan lain termasuk salinan edisi pertama Philosophiae Naturalis Principia Mathematica yang ditulis oleh Sir Isaac Newton. Untuk kamu yang berminat melanjutkan studi di bidang yang berkaitan dengan Olahraga, Pendidikan, Bahasa, atau Hukum, bisa menjadikan Usyd sebagai pilihan utama. Alumninya termasuk Perdana Menteri Australia saat ini yakni Malcolm Turnbull serta 5 penerima penghargaan Nobel di bidang kimia, ekonomi, fisiologi dan kedokteran.

Monash University, Melbourne

Salah satu kampus terbaik di Melbourne ini bisa jadi pilihan kamu yang ingin berkuliah di jurusan Farmasi, Keperawatan, dan Pendidikan. Kampus Monash University di Clayton seringkali diplesetkan kampus Monash 'Klaten' oleh sebagian orang Indonesia karena banyaknya orang Jawa yang berkuliah disana. Saat ini, Monash University memiliki sekitar 73.000 mahasiswa. Universitas ini sendiri juga memiliki kampus di Malaysia tepatnya di Bandar Sunway, Selangor. Selebriti Indonesia, Alyssa Soebandono, pernah mengecam pendidikan S1 di kampus ini.

University of Western Australia, Perth

UWA terletak di kota Perth, Australia Barat, dengan jumlah mahasiswa lebih dari 26.000 orang. Dibangun pada tahun 1911, kampus ini telah banyak melahirkan alumni-alumni termasuk mantan Wakil Presiden Indonesia, Boediono yang lulus Sarjana Ekonomi pada tahun 1967. Lebih dari 4.500 orang merupakan mahasiswa internasional yang berasal dari berbagai negara termasuk Indonesia. 

University of Adelaide, Adelaide

Terletak di kota penghasil anggur terbesar di Australia, University of Adelaide dikenal kampusnya yang menjorok ke laut. Universitas dimana Raditya Dika pernah mengecam pendidikan ini memiliki sekitar 27.300 mahasiswa. Kampus yang dibangun lebih dari 100 tahun yang lalu ini, tepatnya pada tahun 1873, tetap kokoh dengan gedung-gedung bergaya klasiknya. Teknik, Kedokteran Gigi, dan Keperawatan merupakan bidang yang tercatat oleh QS University Ranking sebagai jurusan yang direkomendasikan untuk kamu yang ingin berkuliah di universitas ini.

Comments

Popular posts from this blog

Fenomena Kematian Bahasa dan Pelestarian Bahasa Tolaki

Is Youth’s Overindulgence a Real Thing in Indonesia?